Dapur Minimalis dan Pengertiannya

Siapa yang tidak kenal dengan dapur? Dapur pada umumnya dikenal sebagai tempat kotor, lengket, basah, bau dan terletak jauh dari ruangan utama dari rumah. Keadaan ini membuat seakan-akan dapur terkesan tersingkirkan dari tatanan dalam rumah, membuat orang takut dan jijik untuk mendekati dapur di rumahnya sendiri. Inilah yang sekilas terbesit di pikiran kita. Akan tetapi pada beberapa tahun belakangan ini, para desainer interior dan perancang tidak hanya dirancang untuk mendesign pakaian dan barang otomatik saja, bahkan dapur dan rumah pun memiliki perancang / desainer tersendiri yang mampu menyulap dapur yang awalnya terkesan kotor dan jijik, menjadi dapur yang modern, klasik, bersih dan sedap untuk dipandang, bahkan dapat memberikan kenikmatan tersendiri bagi pemilik rumah dan kolega-koleganya yang dinamakan dapur minimalis.

Dapur minimalis tidaklah jauh berbeda fungsinya dengan dapur lain, dimana ada 3 fungsi utama pada dapur : kegiatan mempersiapkan, membersihkan, meracik dan memasak. Fungsi dapur tersebut dikenal sebagai konsep “segi tiga kerja” dikalangan dunia desain. Hal ini yang menjadi landasan agar fungsi dapur minimalis tidak melenceng dari fungsi utamanya, dengan penambahan-penambahan alat dan prasarana yang mendukung dapur tersebut serta tidal “lebih” merepotkan dapur itu sendiri, sehingga terciptalah istilah dapur minimalis. Konsep dapur minimalis lebih mengedepankan konsep modern/klasik, keindahan estetika, efektif dan efisien.

Modern? Klasik? mungkin ini yang terbesit tatkala orang membayangkan apa yang ada dipikiran mereka tentang dapur minimalis..ya, memang begitulah keadaannya. Dapur minimalis lebih menanamkan kesan modern dan klasik (sesuai keinginan kensumer) pada setiap sudut dan isi ruangannya, mulai dari alat dan prasarana memasak, tempat/wadah untuk memasak, bahan materiil dari almari dapur minimalis tersebut sampai dengan pilihan pencahayaan dan tempat dimana kita akan duduk, sembari menyantap atau sekedar menghirup aroma wangi dari hasil masakan mama kita…hehehehe J

Selain modern, dapur minimalis memiliki aspek penting lainnya pada fungsi dapur rumahan yaitu pada tingkat kebersihan dan keindahan. Dapur minimalis di design sedemikian rupa sehingga memberikan efek keindahan tersendiri yang bisa dinikmati dan tidak membosankan jika kita berada berlama-lama di dapur. Keindahan dapur minimalis bisa kita lihat dari tata letak penataan alat prasarana memasak, tersusunnya sarana memasak dengan rapi, tingkat pencahayaan yang disesuaikan dengan letak ruangan dapur tersebut, penambahan dan pengurangan ventilasi guna mengurangi tingkat kepengapan dan kelembaban sirkulasi udara. Sehingga awalnya dapur yang hanya berfungsi sebagai prasarana aktivitas memasak saja, sekarang dapat bertambah fungsi  untuk bercengkerama bersama keluarga sambil menikmati langsung hasil masakan atau sekedar hanya untuk berbagi cerita dengan tetangga.

Pada umumnya kita merasa direpotkan dan terbuang waktunya saat kita mencari peralatan memasak sampai dengan bumbu / bahan masakan yang akan kita masak di dapur kita sendiri. Hal ini disebabkan tidak tertatanya alat dan prasarana memasak tersebut. Salah satu faktor penting pada dapur minimalis adalah adanya rak-rak yang rapi bergaya modern / klasik dengan ukuran-ukuran yang telah diukur sedemikian rupa, sehingga tidak menimbulkan kesan sempit ataupun berantakan. Sehingga adanya dapur minimalis di rumah kita, dapat memberikan tingkat efektif dan efisien yang lebih tinggi dibandingkan dapur umum.

Demikian sedikit fungsi dan pengertian umum dari dapur minimalis yang bisa saya ulas, semoga bermanfaat bagi kita bersama.

dapur-minimalis-manggarai-1

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *