Dapur Minimalis desain di ruang dapur sempit

kitchenset-HPL-15

Dapur minimalis dengan panjang ruangan yang kecil, tentu dalam mendesain memerlukan pertimbangan bagaimana memaksimalkan fungsi dapur minalis dengan terbatasnya ruang pada dapur.  Dapur minimalis yang sempit berukuran antara 3 hingga 9 meter persegi. Dengan ruangan yang sempit itu kira-kira hanya dapat digunakan sepanjang 3 – 4 meter lari panjang kitchenset minimalis. Bentuk dapur minimalis tipe single line kitchen dan letter L kitchen paling banyak digunakan dan sangat cocok diterapkan karena tidak membuat dapur terkesan sempit.

grogol desain 2

Gambar desain dapur minimalis di ruang dapur sempit

Ada tiga hal penting yang menjadi dasar mendesain dapur minimalis pada dapur yang sempit. Yaitu:
Pertama, desain dapur minimalis harus mampu mengakomodasi kegiatan utama di dapur. Kegiatan utama tersebut adalah memasak dan mencuci.

Pada area mencuci atau penyediaan air luas daerah yang di perlukan adalah sepanjang sink / tempat mencuci piring. Panjang sink sendiri yang dapat digunakan untuk ukuran dapur yang sempit berkisar antara:
Sink dengan satu bak tanpa tempat pengeringan dengan panjang antara 50 – 60 cm
Sink dengan satu bak dan dengan tempat pengeringan dengan panjang antara 70 – 90 cm
Sink dengan dua bak tanpa pengeringan dengan panjang antara 70 – 90 cm

Kompor atau hood yang biasa di gunakan dalam dapur sempit (biasanya dengan kompor dua tungku) mempunyai panjang antara 70 – 90 cm.

Apabila dapur minimalis hanya berukuran panjang 3 meter maka panjang tersisa untuk tempat penyediaan bahan makanan hanya 1 meter. Perlu di perhatikan jarak antara kompor dengan sink, tentunya jarak antara kompor dengan keran sink tidak boleh terlalu dekat karena keduanya elemen yang bertentangan antara air dan api.

Jika memang luas dapur sempit dengan panjang 3 meter maka alternatif yang dapat diambil, adalah dapur dipanjangkan ke samping dan membentuk letter L. Dapur dengan bentuk letter L dapat meletakkan sink pada area pojok pertemuan antar kabinet. Area pojok pertemuan antar kabinet ini akan dapat lebih termanfaatkan karena biasanya bagian bawah dari sink hanya merupakan saluran pembuangan air yang tidak bagus untuk dimanfaatkan menyimpan benda apapun. Selain itu area bawah dari bagian pojok juga jarang termanfaatkan karena letaknya yang pojok sehingga untuk mengambil benda yang berada di pojok akan lebih susah.

Kedua, desain dapur minimalis harus cukup untuk menyimpan logistik dapur. Logistik dapur tersebut berupa peralatan masak seperti ( wajan, teko air, sodet, dll), piring dan rak piring, sendok dan rak sendok, gelas dan rak gelas.

Ketiga, desain dapur minimalis harus berkesan luas untuk menyamarkan keterbatasan ruang. Ada beberapa alternatif untuk membuat seolah dapur yang sempit akan terlihat tampak luas. Pertama, pilihlah kombinasi warna yang terang. Selanjutnya anda dapat melihat halaman Tips memilih warna dapur minimalis pada situs ini. Kedua pakailah pencahayaan yang terang (disarankan menggunakan warna lampu putih atau agak kebiruan) agar jarak pandang meningkat. Jika memungkinkan untuk bentuk dapur minimalis tipe letter L gunakan lah bentuk ini karena dengan menggunakan warna terang pencahayaan dapur akan terlihat semakin terang dan dapur akan terkesan tampak luas.

GHTime Code(s):          
You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply

You might also likeclose