Dapur Minimalis / Kitchenset Minimalis Ukuran Kecil Untuk Apartemen

Dapur Minimalis dengan ukuran kecil di buat untuk menyesuaikan ketersediaan ruang dapur yang ada. Sering kami temui terutama pelanggan yang tinggal di apartemen luas dapur minimalis yang ingin di buat berukuran kecil kurang dari 4 meter bahkan ada yang panjangnya hanya 1,25 meter saja. Kenaikan harga properti membuat luas lahan yang di dapat semakin kecil dan akhirnya luas yang dapat di jadikan dapur semakin sempit. Sempitnya ruangan tidak berarti menghilangkan dapur dalam rumah karena dapur merupakan penyedia makanan dalam keluarga. Kebanyakan orang memilih desain dapur minimalis untuk memenuhi kebutuhan dapur yang banyak namun dengan luas dapur yang kecil.

Dapur-MT-Haryono-Signature-

Gambar desain dapur minimalis di apartemen (Signature Park, Jl. MT Haryono)

Kami memiliki beberapa saran yang perlu di pertimbangkan untuk membuat dapur minimalis berukuran kecil dan di apartemen:
Gunakan bentuk kitchenset minimalis yang tepat
Bentuk dapur minimalis yang tepat digunakan untuk dapur minimalis yang sempit adalah single line kitchen dan letter L. Bentuk tersebut akan nyaman di pakai karena peletakannya merapat ke satu atau dua sisi dinding saja, sedangkan sisi yang lain untuk pergerakan.

Hindari penggunaan exhaust bercerobong
Pada apartemen khususnya biasanya telah disediakan exhaust bercerobong / chimney hood. Exhaust bercerobong tidak dapat di buat kabinet atas sehingga tidak dapat termanfaatkan bagian atas kompor. Jika memang telah terlanjur disediakan dalam apartemen maka kitchenset tetap harus menyesuaikan  exhaust. Namun jika belum terpasang anda dapat menggunakan slim line hood yang berbentuk pipih tanpa cerobong. Exhaust model ini dapat diletakkan di bagian bawah kabinet atas sehingga bagian atasnya dapat termanfaatkan untuk tempat penyimpanan.

Pilih warna atau motif kitchenset yang terang
Telah di jelaskan sebelumnya di halaman Tips Memilih Warna Dapur Minimalis bahwa warna terang akan meningkatkan jarak pandang sehingga dapur  minimalis akan terlihat lebih luas. Anda dapat memilih warna motif kayu cerah misal corak warna coklat muda atau putih, warna solid, atau dapat di kombinasikan dengan motif logam alumunium atau stainless.

Pilih warna table top cerah dengan bahan granit atau stainless
Selain warna atau motif kitchenset yang cerah anda dapat mengombinasikan dengan warna pada table top dengan menggunakan bahan granit atau plat stainless. Bahan granit dan stainless merupakan bahan yang sifat alaminya glossy atau memantulkan banyak cahaya. Penggunaan bahan dasar ini akan menambah efek ruangan dapur yang lapang.

Maksimalkan pencahayaan dengan warna terang
Pencahayaan yang terang tentu juga akan membuat kesan dapur seolah lebih lapang. Warna cahaya yang baik di gunakan untuk ruangan dapur yang sempit adalah warna putih atau putih agak kebiruan.

Sesuaikan kabinet dengan perabot dapur
Pada hakikatnya perabot dengan konsep minimalis di rancang untuk menyesuaikan fungsi dan kebutuhan penggunanya. Dalam merancang dapur minimalis pertimbangkan perabot dapur yang di gunakan, misal jenis kompor, ukuran exhaust, sink, rak piring. Peletakan perabot ini akan menentukan desain dapur minimalis yang akan di buat. Selain itu penyimpanan perabot dapur lainnya yang akan di simpan di dapur minimalis juga sebaiknya di perhitungkan terlebih dahulu, misal wajan, perabot masak elektronik seperti  oven, microwave, mixer. Hal ini perlu dipertimbangkan agar perabot yang ingin di letakkan di dapur muat di simpan dalam dapur minimalis.

Hindari dinding bermotif dan gunakan warna terang dan polos di gunakan pada dinding antara kabinet bawah dan kabinet atas
Dinding bermotif akan sulit dibersihkan. Sisa makanan yang meluber dan menempel pada dinding bila tidak dapat dibersihkan akan menimbulkan kesan dapur yang kotor. Kami menyarankan sebaiuknya menggunkan dinding keramik yang polos dan bewarna cerah misal putih. Jika anda ingin menggunakan wallpaper sebaiknya anda pertimbangkan kualitas bahan yang di gunakan apakah bahan tersebut tahan terhadap panas dan mudah di bersihkan. Alternatif bahan lain yang dapat di gunakan adalah granit, marmer, atau edging stainless. Bahan baru yang mulai di perkenalkan belakangan ini adalah edging stainless. Penggunaan kaca pada dinding juga tidak di sarankan karena kaca apabila memuai berlebih dan terkena tekanan akan pecah, berbeda dengan edging stainless karena lebih kuat sifat bahannya. Sifat dari kaca adalah bahan yang paling memantulkan cahaya dan membuat seolah ruang ganda. Dengan edging stainless anda dapat mendapatkan sifat dari kaca dengan tidak mempunyai kelemahan yang dapat retak atau pecah. Hanya saja edging stainless tentu harganya lebih mahal di bandingkan kaca.

Diharapkan dengan pertimbangan diatas, anda dapat mempunyai gambaran desain dapur minimalis yang ingin anda buat. Kami siap membantu anda mendesain dan membuatkannya jika anda ingin membuat dapur minimalis.

Posted in dapur minimalis and tagged , .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>