Merancang dapur minimalis tidak jauh berbeda dengan mendesain rumah tinggal atau interior rumah pada umumnya . Beberapa hal perlu untuk diperhatikan . Perencanaan yang kurang matang dapat mengakibatkan fungsi dapur minimalis menjadi tidak maksimal. Oleh sebab itu , terdapat hal hal yang perlu dipertimbangkan selain mematuhi ukuran standar yang telah ada . Penting juga untuk di ketahui bahwa penetapan standar internasional diberlakukan untuk menunjuang keamanan dan kenyamanan berdasarkan kebutuhan aktifitas pengguna secara umum . Sementara itu , dalam mendesain dapur untuk rumah tinggal , misalnya pengguna merupakan individu yang lebih spesifik .

Terdapat beberapa hal yang bersifat individu atau personal yang perlu diketahui dalam merancang fasilitas untuk sebuah rumah tinggal dalam hal ini khususnya dapur minimalis . Hal inilah yang kemudian menentukan gaya seperti apa yang sesuai dengan pengguna , besaran area yang sesuai , hingga pilihan warna dan material serta pengaturan posisi yang mendukung aktivitas pengguna berdasarkan kebiasaan dan kegemarannya . Berbagai pertimbangan sebelum mendesain didapat dengan memunculkan akan fungsi praktikal , estetika , dan anggaran tentunya .

Namun , keadaan yang sering dijumpai adalah keteledoran pemilik rumah ketika ia merancang dapur minimalis . Berikut ini merupakan beberapa kesalahan yang sering dilakukan pemilik rumah dalam merancang dapur yang bisa dijadikan pertimbangan dan pelajaran berhargba ketika hendak membuat / merancang dapur sendiri .

1. emosional

seringkali pemilik rumah sangat mudah tergiur / terkesima dengan model desain yang mewah atau model terbaru yang ada dipasaran . Padahal model tersebut belum tentu sesuai dengan kebutuhan .

2. lebih mengutamakan keinginan dibandingkan dengan kebutuhan

terdapat perbedaan mendasar antara keinginan dengan kebutuhan . seringkali pemilik rumah memilih apa yang mereka inginkan bukanlah hal yang dibutuhkan . Terkait dengan poin tersebut , sehingga pada proses penggunaan , akan sering ditemukan dapur yang cantik secara visual namun kurang bisa memenuhi kebutuhan penggunaannya.

3. kurang memperhatikan ventilasi .

Lokasi ventilasi / sirkulasi udara harus diutamakan agar ketika terjadi kebakaran pada dapur , asap lebih cepat berpindah / keluar dari ruangan sehingga terjadinay kematian akibat asap yang mengepul dapat terhindari .

to be continued ….

sumber ” menata dapur minimalis dari griya kreasi ” dengan perubahan seperlunya

 

merancang dapur minimalis yang mewah

 

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *