kitchen set minimalis / dapur minimalis sebenarnya merupakan gabungan dari perlengkapan dapur elektronik dan non elektronik. komponen barang barang tersebut harus di tata seefisien dan seindah mungkin agar konsep dapur minimalis tercipta di ruangan anda. di samping itu, faktor safety merupakan salah satu pertimbangan yang tidak terelakkan agar ruangan dapur kita menjadi aman terhadap potensi bahaya yang mengancam jiwa .

Beberapa jenis barang yang sering digunakan pada ruang dapur yang termasuk dari perlengkapan dapur non elektronik , antara lain lemari kitchen set atas maupun bawah , sink, exhaust (model lama ) ,top table , maupun aksesori ruang dapur minimalis.

1. Lemari kitchen set
Lemari kitchen set sering juga disebut dengan lemari dapur. Lemari kitchen set bermanfaat sebagai tempat penyimpanan peralatan dapur minimalis ( contohnya : gelas, sendok, panci, piring, wajan, dan lain lain) serta persediaan bahan memasak (seperti bumbu masak / rempah rempah , minyak goreng, kopi, susu, gula, teh , mie instan atau makanan instan lainnya , dll)

Lemari kitchen set umumnya dirancang menjadi dua bagian, yaitu lemari kitchen set bawah dan lemari kitchen set atas. baik lemari kitchen set atas maupun lemari kitchen set bawah dalam dapur minimalis terdiri dari beberapa segmen yang berderet memanjang. Namun, pada beberapa bagian tertentu ada juga yang di buat rak atau laci. pertimbangan kekuatan konstruksi menjadi salaha satu pertimbangan yang tidak dapat dihindari agar pemanfaatan kitchen set menjadi lebih tahan lama . diperlukan orang yang ahli dalam melakukan perancangan konstruksi lemari kitchen set agar kesalahan perhitungan tidak terjadi.

Lemari kitchen set bawah umumnya tertutup dengan adanya pintu . Oleh sebab itu, lemari/cabinet kitchen set bawah digunakan untuk menyimpan peralatan-peralatan ataupun logistik memasak yang “tidak sedap dipandang” ataupun yang berukuran besar, seperti tabung gas untuk kompor gas, panci, wajan minyak, dan lain-lain.

berbeda dengan lemari kitchen set bawah, lemari kitchen set atas umumnya memiliki ukuran yang lebih kecil dengan lebar umumnya 40 cm . Lemari kabinet atas juga sering dipasang pintu kaca, oleh sebab itu lemari kitchen set ini lebih tepat untuk menyimpan peralatan dapur yang berukuran kecil dan “enak dilihat”, seperti gelas , sendok , mupun bumbu masakan , atau makanan instan

2. Meja kerja (Table top)
Table Top atau Counter top pada kitchen set ruang dapur minimalis bisa disebut sebagai ruang kerja. Table Top digunakan sebagai tempat untuk meletakkan alat-alat atau bahan-bahan yang akan digunakan untuk memasak, melakukan pekerjaan persiapan sebelum memasak seperti meletakkan bahan bahan masakan untuk siap digunakan .

3. Sink
Sink merupakan salah satu elemen terpenting pada dapur yang berfungsi sebagai tempat mencuci. Terdapat berbagai macam model sink yang tersedia di pasaran.

4. exhaust / cerobong
exhaust metrupakan salah satu komponen untuk standar keselamatan dalam dapur minimalis, hal ini dikarenakan exhaust berfungsi untuk menyalurkan asap dari proses memasak agar asap yang ada di dapur minimalis dapat berpidah keluar rumah. pembuatan exhaust mengacu pada standar keselamatan NFPA 96 , namun pada zaman sekarang , exhaust untuk perumahan menggunakan elektrik dan tetap mengacu pada standar keselamatan NFPA 96 . tidak menggunakan barang tersebut juga tidak mengapa selama memilki sistem sirkulasi udara yang bagus .

5. komponen pendukug lainnya
seperti tempat piriang , tempat botol , maupun tempat sendok berfungsi untuk alternatif perlengkapan alat
From interior rumah & kitchen set minimalis

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *